Penang – Jalan-Jalan Bego

Penang… Sebuah kota kecil di Malaysia yang jadi idaman saya untuk jalan-jalan bego (istilah yang saya ciptain sendiri untuk jalan-jalan bersama teman-teman baik, waktunya sebentar, dan ngga banyak kegiatan). Kita pergi hanya 2.5 hari kalo diitung… meninggalin Jakarta jam 5 pagi dan kembali ke Jakarta jam 8.30 pagi 2 hari kemudian… Seru? Pasti.. 4 cewek pergi ke sebuah kota dengan pengetahuan minim dan kemampuan baca peta yang ala kadarnya 😀 Cuma bermodal browsing sana-sini, bikin itinerary hanya buat acuan, ternyata perjalanan singkat ini super menyenangkan!

to-see-list:

Cheong Fatt Tze Mansion

kita kebetulan dapet guide yang keren banget cara ngejelasinnya mengenai susunan rumah dan filosofinya si Cheong Fatt Tze. Tour di dalam selama 1 jam itu ga berasa dan semua peserta tour menyimak dengan baik… make sure kalo ksini dapet guide yang cewek dengan rambut panjang dan lesung pipit dan nanti pasti kesenengan sendiri selama tournya 🙂 Ohya, bagian dalam rumah ini nggak boleh difoto sama sekali.

Cheong Fatt Tze Mansion

Cheong Fatt Tze Mansion

Peranakan Mansion

Pas kesini kita ga pake guide karena setelah diperhatikan mirip banget ama Cheong Fatt Tze Mansion, jadi baiknya ke Cheong Fatt Tze aja duluan baru ke Peranakan Mansion. Nah enaknya di Peranakan Mansion kita bisa foto-foto bagian dalem rumahnya.. jadi kita keliling sambil foto-foto aja kemudian ke bagian belakang rumahnya yang ternyata dijadikan restoran. Bagian belakang ini sebenernya dapurnya…saya sih suka makan dan masak, jadi bagian dapur pasti jadi favorit!
Peranakan Mansion

Peranakan Mansion

Penang Hill (Bukit Bendera)

Mau liat seluruh Penang dari atas? disini tempatnya! Agak jauh memang sih dari pusat kota, cuma namanya juga jalan2 kan? nikmatin aja apalagi transportasi umum di Penang juga bagus. Sejujurnya buat saya disini sih ga banyak yang bisa dilakuin dan pengalaman serunya yaitu naik-turun ke bukitnya menggunakan trem yang cepat dan medannya terjal amat…hihi. Kita juga keliling-keliling liat villa orang-orang kaya dengan menyewa golf car, selebihnya sih ngga banyak. Pas ksana pas weekend, jadi tempat ini rame banget banyak masyarakat lokal yang main ke Penang Hill mungkin juga karena letaknya yang diatas bukit jadi adem.

Penang from Bukit Bendera

Penang from Bukit Bendera

Batu Ferringhi

kawasan pantai-nya Penang adanya disini, di Bukit Ferringhi. lokasinya kira2 30-45 menit dari Gurney Plaza (mall yang kita samperin selama 2 malam disini :p). Kalo soal pantai, nyerah deh, Indonesia belom ada yang ngalahin 😀 Di Batu Ferringhi ini banyak berjejer hotel-hotel mewah dan ada factory outlet yang nggak sempet disamperin 😦 Cuma, meskipun isinya hotel-hotel mewah, bus umum lewat loh, mulai dari ujung pintu masuk sampe ke paling ujung area Batu Feringghi! Asik!

Hard Rock Hotel di Batu Ferringhi

Hard Rock Hotel di Batu Ferringhi  (Photo by: Vira)

Toy Museum

Highlight of the trip… kata-katanya ini museum mainan terbesar di Asia (atau Dunia?).. Pas kita ksana pas lagi renovasi, jadi kalo diliat tempatnya ga terlalu besar padahal koleksi mainannya banyaaakkk. Sayangnya, karena lagi renovasi ini jadinya susunan mainannya agak acak-acakan dan berdebu, tapi sih tetep menyenangkan berkunjung ksini…

Toy Museum at Batu Ferringhi

Toy Museum at Batu Ferringhi

Chocolate Boutique

Lokasinya deket sama Cheong Fatt Tze Mansion dan nemunya juga pas menuju ksana, iseng aja masuk dan langsung disambut ama bau coklat! Kita dikasih tour keliling toko dan boleh nyobain coklat-coklat yang ada!! Selain coklat mereka juga jual kopi dan teh dan itu juga bisa dicobain… ah, senangnya!!! Coklat di Chocolate Boutique ini memang harganya ga murah, tapi ada harga ada rasa.. nyuuum!!!

Chocolate Boutique (Photo by: Vira)

Chocolate Boutique (Photo by: Vira)

MAKANAN

Makanan di Penang juga enak karena masih ga beda jauh deh dengan makanan Indonesia: berbumbu dan berasa.. kwetiau, omelette di Gurney Drive yang enak banget, laksa, nasi goreng.. Nyaris semua makanan yang dicoba saat 2.5 hari berada di Penang nggak ada yang gagal. Eh tapi kebetulan saya juga suka makan sih.. hihi

Penang's food

Penang’s food

PENGINAPAN

Penginapan juga buanyak.. kita sampe bingung sendiri karena semuanya menarik hati dan akhirnya menjatuhkan pilihan ke Red Inn Penang. Guesthouse-nya kecil, tapi nyaman dan lokasinya juga cukup di tengah (Love Lane) untuk jalan kaki menuju tempat wisata dan juga ke pemberhentian bus…. Saat akhirnya berada di Penang pun ternyata banyak juga hostel-hostel baru bermunculan.

Oh, Georgetown itu kan masuk dalam UNESCO world’s heritage.. nah, ini adalah kota tua (kalo di Jakarta mirip2 di Kota gitu)… bangunannya berbentuk ruko, tapi dimanfaatkan dengan baik sama mereka.. mulai dari dijadikan guesthouse, ada juga yang jadiin cafe, gallery, ataupun dibiarin gitu aja tapi terawat.. jadi, jalan-jalan disekeliling sini aja udah menyenangkan!

Grafiti di Georgetown

Grafiti di Georgetown

Bangunan tua di Georgetown (Photo by: Vira)

Bangunan tua di Georgetown (Photo by: Vira)

HAPPY HOLIDAY!!!

*pssst.. kata siapa perempuan ngga bisa baca peta? 😉

(November 2011)

Iklan

3 pemikiran pada “Penang – Jalan-Jalan Bego

  1. one of the best relax trips I’ve had, thanks to you girls and the lovely town Penang 😀
    Totally recommended as a weekend getaway (even) for those living in Jakarta like us.

  2. Ping balik: Medan… Horas bah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s