Semarang – Makan-Makan

Kalau lagi main ke Semarang jangan lupa siapkan perut kosong. Semua makanannya enak bahkan ada yang sampe bikin bengong di suapan pertama! nyummmm

Nasi Goreng Babat

Ini agak semacam makanan khas Semarang, karena buanyak yang jual.. tapi hasil survey katanya yang asik di Jl. Depok. Mampirlah kami ke warung kecil yang ramai bernama “Pak Sabar” untuk makan malam. seporsi Nasi Goreng Babat (Rp. 9.000,-) meluncur dengan sukses ke perut.. sedap!

Nasi Goreng Babat Pak Sabar

Nasi Goreng Babat Pak Sabar

Tahu Pong

Kebetulan di ‘Pak Sabar’ jual tahu pong (Rp. 9.000,-) Β juga, jadi kami nyoba-nya disini… tahu ‘kosong’ (kayak tahu sumedang tapi lebih ‘kosong’ lagi) dimakan bersama bumbu warna hitam. Rasanya? kalo saya ternyata penyuka tahu yang ‘berat’ πŸ™‚

Tahu Pong!

Tahu Pong!

Tahu & Tempe Serasi

ini masuk list ‘makanan-bikin-bengong’ saya, padahal saya termasuk golongan manusia tempe (semoga bukan karena emang lagi kelaperan) ! tahu putih (Rp. 7.000,-) yang digoreng doang ini enyaaakkkk!! katanya sih kalo makan di tempat yang jual akan dikasih sambel buat temen nyocolnya dan sambelnya juga enak. ah, next time deh.. oh, tempenya (Rp. 700,-) juga ciamik.. krenyes-krenyes…

Tahu & Tempe Serasi

Tahu & Tempe Serasi

Lunpia

Makanan khas Semarang ini mudah banget dijumpai dimana-mana dengan segala merk. kalo mau mabok Lunpia sih silakan ke Jl. Pandanaran, yang kebetulan juga merupakan pusat oleh-oleh. Segala macam rasa lunpia silakan dipilih untuk oleh-oleh (jangan lupa cek dulu daya tahannya). Lunpia ini bahan dasarnya adalah rebung, meskipun sudah dicampur dengan udang/ayam/bandeng/kepiting, teteup rasa rebungnya kenceng banget. Saya sih bukan pecinta rebung jadi lunpia Semarang ini buat saya nikmatin saja di kota aslinya. Harga Lunpia ini macem-macem mulai dari Rp. 4.000,- sampai Rp. 10.000,-

Lunpia Semarang

Lunpia Semarang

Es Cong Lik

‘Makanan-bikin-bengong’ yang kedua! beli es ini karena penasaran (dan saya pecinta esgrriimmm) dan ternyata super enak! Es Cong Lik ini sih sebenernya cuma es puter aja, tapi beda dengan es puter yang suka di jual di Jakarta. 4 rasa dalam 1 mangkuk: durian, coklat, kelapa dan alpukat ditambah dengan kelapa dan durian asli sebagai topping… harganya sih ngga murah juga (Rp. 13.000,-), tapi emang ada harga ada rupa! terima kasih banyak Kacong Cilik!!

Es Cong Lik (Photo by: @lucianancy)

Es Cong Lik (Photo by: @lucianancy)

oya, sebenernya yang terkenal itu yang di Warung Semawis, tapi saya belom nyobain. ih, ngga kebayang deh rasanya seenak apa? yang nyoba di depan penginapan di Simpang Lima aja udah lezat banget gini!

Es Cao

sesungguhnya es ini muahal bener harganya (Rp. 17.000,-)… tapi namanya juga lagi wisata ya? dan ini ada di list makanan yang harus di coba. isinya cuma es serut setumpuk trus dipakein sirop dan isinya kelapa muda, cing cao dan kolang-kaling dan habis ngga bersisa karena di makan di pagi yang panas…

Es Cao yang segar!

Es Cao yang segar!

Tahu Gimbal

Rasanya orang Semarang suka sama tahu ya? selain tahu pong dan tahu serasi, adalagi yang kudu dicoba: tahu gimbal πŸ˜€ jadi, tahu gimbal yang sana makan ini ada macem-macem menunya.. Tahu Pong Gimbal, Tahu Empek Gimbal atau Tahu Pong Empek Gimbal… apa sih gimbal itu? ternyata oh ternyata… gimbal adalah udang! kenapa disebut gimbal? entahlah… Karena penasaran skalian aja saya pesen yang Tahu Pong Empek Gimbal (Rp. 19.000,-) dan pas makanan tersebut datang ke meja tetep ngga terjawab kenapa kasih judul ‘gimbal’.. hehe

Tahu Pong Empek Gimbal

Tahu Pong Empek Gimbal

Kue Lekker

Pas direkomendasi ama temen untuk nyobain kue Lekker di depan Kolese Loyola (yup.. se-spesifik itu) agak ragu kenapa gitu kue tipis kering gini sampe di rekomendasikan segala? Pas nyampe di TKP syiok berat! selain emang cuma gerobakan, si tukang lekker baru bukan selama 1 jam tapi antriannya panjang!! bgitu liat menu-nya, langsung bingung karena banyak pilihan dan keliatan enak semua.. akhirnya kami memutuskan pesen 3 menu: Lekker Caramel, Lekker Jagung Keju Susu dan Lekker Tuna Sosis Keju πŸ™‚ – harganya mulai dari Rp. 1.000,- sampai Rp. 14.000,-.Β rasanya: selain masuk list ‘makanan-bikin-bengong’ ini juga WAJIB coba kalo ke Semarang!

Kue Lekker yang Lekker

Kue Lekker yang Lekker

Es Krim Pankuk Pak Yono

Sebenernya es krim pankuk (Rp. 8.000,-) ini setipe sama es Cong Lik, hanya beda di topping. klo es krim pankuk ini rasa eskrimnya cuma 3: kelapa, duren, coklat dan toppingnya berupa agar-agar, roti dan pancake yang dipotong kecil-kecil. makan es krim enak di tengah siang yang panas memang ngga pernah salah πŸ™‚

Es Krim Pankuk

Es Krim Pankuk

Dawet Durian

Selama 3 hari di Semarang kayaknya setiap hari minum (atau makan?) Dawet durian ini. yang terakhir dimakan malah durennya besar banget dan pake bonus tape.. enak-lah! πŸ˜€ harganya beragam mulai dari Rp. 6.000,- sampai Rp. 10.000,-

Es Dawet Durian! (Photo by: Vira)

Es Dawet Durian! (Photo by: Vira)

Nasi Ayam

buat yang suka keluyuran malem-malem pas banget makan nasi ayam yang letaknya di Simpang Lima dan biasanya selalu ramai… Nasi pake suiran ayam dan segala topping lainnya (Rp. 10.000,- +/-). kebetulan waktu nyoba ini pas banget baru nyampe Semarang, sekitar jam 4 pagi πŸ˜€ baru kali ini deh makan nasi beserta lauk-pauknya pagi-pagi buta… hehe

Nasi Ayam Simpang Lima

Nasi Ayam Simpang Lima

Selain yang disebut diatas masih ada juga makanan lain layak coba, seperti:

Soto Kudus Mbak Lin di depan Stadion Diponegoro… agak aneh sih makan Soto Kudus kok di Semarang? hehe… tapi kedai ini ruameeeee dibandingkan kedai-kedai lainnya.

Soto Kudus

Soto Kudus

Toko Oen… kalo dari bangunannya sih lebih jadoel yang di Malang, tapi untuk ngemil esgrim sore-sore sih kece banget disini…banyak menu esgrimnya dan tidak menggunakan bahasa Indonesia, jadi daripada banyak nanya yang bikin kesel pelayannya, capcipcup kembang kuncup (tutup mata dan tunjuk aja ke menu). voila!

4 menu es krim di Toko Oen :)

4 menu es krim di Toko Oen πŸ™‚

Seafood Pak Sangklak… lokasinya agak jauh dari tengah-tengah kota Semarang, tapi restoran ini punya 3 cabang dan tamunya silih berganti datang dan pergi. harganya agak mahal dibanding makanan lain, mungkin karena seafood? di restoran ini kali pertama saya nyobain kerang Sempiring. menu lainnya yang dicoba: kepiting asem manis (nah ini bumbunya enak), cumi goreng kering dan udang goreng mentega. enak tapi nggak spektakuler.

Seafood di Pak Sangklak

Seafood di Pak Sangklak

Jl. Mataram… supir taksi yang cerita kalo di Jl. Mataram ini sekitar jam 7an banyak banget tenda-tenda makanan berjejer. segala macam makanan bisa di dapat sini. sayang saya baru tahu pas dalam perjalanan ke stasiun untuk pulang. Kalo ada yang pernah ksini, ceritain yaaah

Manggala… ini komplek pujasera gitu, lokasinya di belakang Ciputra Mall. waktu ksini saya cuma nyobain kedai durennya ajah.. duren + ketan, kolak duren + roti dan 1 buah duren yang kecil pindah ke perut kami. slrruuppp

Duren enak seharga Rp. 20.000,-

Duren enak seharga Rp. 20.000,-

Selamat Makan dan jangan lupa cari temen jalan yang suka makan dan kuat makan πŸ˜‰

Iklan

14 pemikiran pada “Semarang – Makan-Makan

  1. Waaaah, menarik banget ini postingannya! Mumpung saya kuliah di Semarang boleh nih dicoba muter2 kalau lg ngga ada tugas πŸ˜€ ngomong2 beberapa tempat makan kurang detail yaa penjelasan letak tempatnya hehe, mau nyobaik Es Cong Lik nih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s