Songkran Festival: perang air terbaik!

Ada beberapa cerita yang gue dengar soal festival ini, mulai dari penyambutan musim panas, ada juga katanya perayaan tahun baru, dikasih tau juga katanya kita di ‘cuci’ untuk menghilangkan dosa. Ah, entahlah.. gue bukan orang Thailand/Laos/Myanmar jadi ngga terlalu ngulik soal latar belakangnya 😀 Yang pasti, Songkran Festival ini seru luar biasa!!!!!

Songkran Festival

Songkran Festival

Waktu diajak untuk ke Bangkok bulan April buat mengejar festival ini gue nggak tau ini festival apaan, trus browsing dan ya ampun… ternyata ini adalah perang air!! Huahahaha… secara suka banget main air dan halal buat nyiram orang seenak jidat, nggak pake pikir panjang langsung mau 😀 Masalahnya adalah Songkran ini kalau diibaratkan dengan perayaan di Indonesia itu sama aja seperti Lebaran, bahkan lebih heboh karena  banyak turis dari luar yang sengaja datang untuk ikutan perayaan ini. Jadi dipastikan tiket pesawat dan hotel harganya akan naik atau penuh. Jadi, mending disiapkan aja deh segala sesuatunya dari jauh hari.

Perayaan songkran ini terjadi antara 13-15 April, tapi kadang dari tanggal 11 udah mulai ciprat-cipratan air… Nah, gue nyampe sana emang sengaja dibuat pas, tanggal 12 nyampe dan tanggal 17 pulang, jadi selama 3 hari maenan air! Suasana songkran festival ini meriah banget deh. Semua warga ikut merayakannya. Mereka menyediakan gentong besar yang diisi air dan selang sudah stand-by buat ngisi gentong yang kosong. Beberapa dari gentong itu malah diisi dengan es batu. Gilaaakkk…. Buat yang maunya keliling, dari beberapa minggu sebelumnya udah banyak banget penjual yang jualan pestol air. Pestolnya nggak tanggung-tanggung ukurannya dan tipenya! Huah… milihnya aja bingung sendiri!

Serunya songkran festival!

Serunya songkran festival!

Huru-hara songkran

Huru-hara songkran

Pas puncaknya yaitu 14 malam beberapa jalanan ditutup dari kendaraan dan semua tumpek blek. Selain siram-siraman air kita juga bisa nyoret-nyoret muka orang lain dengan kapur gitu. Hah! Pokoknya, jangan harap bisa keluar dengan keadaan kering dan muka rapih. Pasti basah dari atas sampai bawah dan muka coreng moreng. Bukan hanya itu, banyak warga yang keliling jalanan dengan pick-up dan bergentong-gentong air sudah mereka siapkan untuk menyiram para pejalan kaki. Kalo mau ngabur naik tuk-tuk juga gak bisaaaa… tuk-tuk kan nggak ada jendelanya ya, jadi ya pasti deh kena siram sama warga, bahkan gue sempet terlibat perang pestol air dengan tuk-tuk lainnya. Huahahahaha…

Jual air dingin buat nyiram!

Jual air dingin buat nyiram!

basah-basahan dari pagi sampai malam

basah-basahan dari pagi sampai malam

Warga Thailand berpesta dari pagi sampai malam saat songkran festival ini. Mall, stasiun MRT, jalanan pasti becek banget! Jorok? nggak juga sih, lagian kita kan jadi bagian dari festival ini. Kapan lagi kan masuk mall dengan baju basah tapi nggak diomelin? kapan lagi naik tuk-tuk sambil siram-siram air? kapan lagi naik taksi basah-basahan dan supirnya pasrah? :p

masuk mall basah-basahan :D

masuk mall basah-basahan 😀

Kalo dipikir-pikir perayaan 17-an kita juga nggak kalah seru: balap karung, panjat pinang, lomba makan kerupuk, bakiak, bawa gundu pake sendok.. tapi… ah, sudahlah 🙂 Ayo kita main perang air di Songkran Festival!

So, ready to get wet? c u next year!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s