Story: Karimun Jawa

Pertama ksini tahun 2008 dan saat itu masih banyak yang belom ‘ngeh’ dengan keberadaan pulau ini. Buat saya pribadi pulau Karimun Jawa ini punya kesan tersendiri, selain memang karena Karimun Jawa itu sendiri cantik ya. Kali pertama kesini saya ikut rombongan orang dan tanpa mikir-mikir langsung daftar bgitu tahu klo nginepnya di Wisma Apung… Kenapa? pertama kali liat dan tau kalau ada penginapan di atas air di Indonesia saya cuma punya pikiran: “pokoknya gue harus kesini!” Cari cara dan cari temen pergi nggak nemu-nemu sampe akhirnya kesempatan, waktu dan dana cocok maka dipastikan HARUS berangkat (susah loh nemuin kombinasi ketiganya). Perjalanan ke Karimun Jawa ini merupakan pertama saya tanpa keluarga dan keluar dari ‘jalur biasa’ saya jalan-jalan:

Wisma Apung yang selalu 'memanggil'

Wisma Apung yang selalu ‘memanggil’

  • Kumpul di terminal bus Rawamangun! Saya ga pernah tau ini ada dimana dan nggak pernah kebayang akan maen ksini… Dan bisa nyampe ksini akhirnya mengandalkan supir taxi. Membelah kemacetan ibukota di Jumat sore untung nyampe tepat waktu.
  • Pergi selama 12 jam dari Jakarta naek bus menuju Jepara! Pas daftar ngga ngitung-ngitung waktu kalo ternyata perjalanan darat ini memakan waktu selama itu… haha.. untung berangkat malam dan bus-nya nyaman, jadi tinggal dibawa tidur aja.
  • 6 jam naek kapal di laut itu, LAMA BANGET ternyata (meski di kelas VIP skalipun) ! Di itinerary emang udah dikasih tau kalo penyebrangan ini memakan waktu selama 6 jam, cuma ngga nyangka aja klo ternyata bgitu rasanya dan berjanji kalo ngga mau mengulang perjalanan ke KJ ini dengan cara ini :p *anyway, gak seru juga kalo ke Karimun Jawa nggak ngerasain naek ferry Muria ini*
  • Teman baru… nah, ini bonus terbaik dalam perjalanan ini… Enaknya pergi dengan ‘organize trip’ seperti ini adalah semua yang ngikut tujuannya hanyalah menuju destinasi itu untuk bersenang-senang. Jadi dengan rombongan yang rame banget (32 orang) selama trip ini kerjanya hanya maen aer, ketawa-ketawa, ngobrol-ngobrol dan foto-foto. Abis itu saya nggak pernah ragu untuk ikutan acara jalan-jalan dari trip organizer lainnya.

Ternyata oh ternyata, bujuk rayu Kepulauan Karimun Jawa membuat saya lupa dengan janji ke diri sendiri… 2 tahun kemudian saya ke Karimun Jawa lagi dan mengulang plek sama rute-nya, untungnya kali ini ada tambahan 1 hari di Karimun Jawa jadi bisa eksplor pulau lainnya yang waktu tahun 2008 belom sempet dilihat. Tahun 2011 saya kembali ke Karimun Jawa dan kali ini untuk menyelam dengan merubah cara berjalannya (naik kereta PP) dan parahnya pas pulang malah kebagian naik ferry Muria kelas EKONOMI! Kapok? nggak tuh… saya justru malah pengen ke Karimun Jawa tiap tahun…

Perjalanan darat menuju Semarang/Jepara dan penyebrangan menuju Karimun Jawa-nya emang eneg banget kalo diinget-inget tapi Wisma Apungnya terlalu menggoda untuk dilewatkan… Sekarang pengen juga sih untuk nyoba gaya jalan-jalan yang lain seperti naik pesawat dulu gitu ditambah sekarang kan ada kapal baru untuk ksana dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan pilihan hari yang lebih banyak mungkin akan lebih nyaman dengan biaya yang beda tipis? 🙂

oh, Karimun Jawa… tunggu aku kembali…

sunset spot di Wisma Apung

sunset spot di Wisma Apung

(Mei 2008, Maret 2010, Sep 2011)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s