Saigon a.k.a Ho Chi Minh City: makan-makan

Waktu ke Saigon a.k.a Ho Chi Minh City sudah pasti nyobain makanan enak masuk dalam agenda perjalanan. Nah ini beberapa yang patut dicoba:

BAGUETTE

Baquette stall

Baquette stall

Akibat dijajah Perancis maka jenis makanan ini mudah sekali ditemui di segala penjuru Ho Chi Minh City. Enak? Rotinya terlalu keras kalau untuk saya dan kayaknya akan lebih enak kalo sardennya di goreng dikit. Overall sih enak yah, mungkin saya aja salah pilih penjualnya.. hehe

TRUNG NGUYEN COFFEE

Ice Caffe Mocha di Trung Nguyen Coffee

Ice Caffe Mocha di Trung Nguyen Coffee

Nah ini kedai kopi paling tenar di Ho Chi Minh City. Kedainya pun mudah dijumpai, nyaris ada di setiap sudut. Menunya ala kedai kopi pada umumnya, ada yang kopi item biasa dan ada juga yang udah di modifikasi. Enak? Banget!!! Nyesel banget nggak setiap hari ke kedai kopi ini…

Selain di Trung Nguyen ini selama di Ho Chi Minh City, Ice Coffee Milk pasti masuk list yang saya pesan dimanapun setiap kali perut ini minta disini. cuma satu kata: ENAK!

BACH DANG ICE CREAM

Old skool ice cream - Bach Dang

Old skool ice cream – Bach Dang

Toko es krim jadul yang masih bertahan sampai sekarang, saya mencoba yang letaknya di District 1 bersebrangan dengan Saigon Square. Sebenernya di lokasi ini ada 2 toko, 1 yang masih dengan interior jadulnya dan 1 lagi (berhadapan) yang versi modernnya. Karena judulnya toko es krim jadul, sudah pasti saya nyobain yang kedai dengan interior jadulnya. Rasa es krimnya ya ala-ala es krim jadoel seperti Oen atau Ragusa.. enak, seger dan light.

FANNY ICE CREAM

Fanny Ice Cream - Pas di siang hari yang panas!

Fanny Ice Cream – Pas di siang hari yang panas!

Salah satu toko es krim yang hits dan cabangnya cukup banyak di Ho Chi Minh City, saya mencoba yang ada di District 1. Pilihan menunya beragam, baik yang campuran rasa-rasa es krim yang ada sampai dengan tambahan liquor. Pas banget untuk dimakan bersama di siang hari yang panas.

SHRIMP IN COCONUT WATER

Shrimp in coconut water - Nyum!

Shrimp in coconut water – Nyum!

Pertama kali tau menu makanan ini ngeliat di album foto teman saya dan langsung pasang niat untuk nyobain ini saat ke Ho Chi Minh City. Untung banget kesampean nyoba pas lagi makan di night market sebelah Benh Tanh. Udangnya buanyak… cukup untuk makan 5 orang dan masih manis bangetttt.. enak! Sayang saya agak kurang cocok dengan kuahnya, rasa si air kelapa manis banget dan entah kenapa rasanya seperti kuah bayam masakan mama saya.. hehe..

PHO

Nggak lengkap kalau ke Ho Chi Minh City tapi nggak nyobain Pho-nya dan akibatnya  setiap hari pasti makan minimal 1 mangkuk. Hahahaha.. Favorit saya yang di Pho 2000 dan yang disajikan di Tan Hai Long Hotel sebagai menu sarapan mereka. Sayang banget saya nggak nyobain yang di pinggir jalan, abis nggak nemu yang agak kece tampilannya :p

SPRING ROLL

Fresh spring roll

Fresh spring roll

Ada 2 macem jenis: fresh dan fry… Kalau saya lebih suka yang fresh. Spring roll ini ya ibaratnya lumpia, tapi isinya bihun, udang dan sebatang daun yang rasanya kayak mint. Kalau pesan yang fresh, kulitnya putih transparan gitu, enak banget ngeliatnya. Makannya dicocol dengan semacam bumbu kacang.

Makanan di Ho Chi Minh City semuanya layak coba, lupakan diet sejenak dan mari kita makan 😀

(April-May 2012)

3 pemikiran pada “Saigon a.k.a Ho Chi Minh City: makan-makan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s