Medan… Bawa oleh-oleh apa?

Medan dikenal sebagai kota penuh dengan kuliner enak dan akibatnya waktu saya berkunjung ke Medan oleh-oleh yang saya bawa untuk orang rumah juga berupa makanan:

Bika Ambon

Merk paling beken di Jl. Mojopahit

Merk paling beken di Jl. Mojopahit

Dari jaman baheula kayak bika ambon merupakan oleh-oleh wajib kalau orang main ke Medan ya? merk Zulaikha ini salah satu yang paling beken, ya terlihat sih dengan huru-hara yang terjadi di dalam tokonya. Kalau menurut sepupu saya, sebenernya di sepanjang jalan ini semua bika ambonnya enak, bahkan ada kok yang lebih enak dari punyanya Zulaikha, cuma si Zulaikha ini menang karena mencantumkan ‘halal’ di produknya.

Lokasi: Jl. Mojopahit

Bolu Gulung

Selama ini kebanyakan nitip orang yang ke Medan, pas dateng sendiri kaget juga liat penampakan toko bolu gulung Meranti ini. Besar, megah dan ramai! Haha… Ada banyak rasa dan tipe bolu gulung yang dijual, kalo favorit saya selalu yang keju baik yang hanya dalemnya aja maupun yang bagian luarnya juga berkeju. Enak? 4 kotak bolu gulung habis dalam 10 hari oleh 4 orang? hmmm…

Gak usah takut kalau mau borong banyak, mereka sigap banget melayani orang yang mau bawa Bolu Meranti ini sebagai oleh-oleh. Berbagai jenis kardus disediakan dan pegawainya pinter! Meski beli 5 trs mau dibuat jadi 3 plastik yang terpisah boleh loooh.

Lokasi: Jl. Kriung

Bolu gulung keju yang bikin 1 rumah tergila-gila

Bolu gulung keju yang bikin 1 rumah tergila-gila

Risol Gogo

Risol Gogo yang nyam nyam

Risol Gogo yang nyam nyam

Tau risol ini dari sepupu saya yang pas merekomendasikannya matanya sampai berbinar-binar. Hihihi… Nama tokonya emang Risol Gogo tapi dia juga jualan lemper dan beberapa jajanan pasar lainnya, tapi saya belom coba (next time!). Belinya 1/2 mateng dan dalam 12 jam harus langsung masuk kulkas. Sampe dirumah trs digoreng, astaga! emang enak.. kalo sepupu saya ceritain rasanya dengan mata berbinar-binar, saya makan risol gogo sampe merem-melek. Enyaaaakkkk! Oleh-oleh yang wajib dibawain dari Medan.

Lokasi: Jl. Mojopahit

Selai Srikaya

Selai srikaya sih oleh-oleh untuk mama saya. titipan lebih tepatnya dan emang kata dia selai srikaya dari Medan tuh beda. Paling enak deh rasanya wajib dibawa pulang! Selai srikaya ini belinya di daerah kampung keling di toko roti ‘Medan’. Enak apa nggaknya saya nggak paham, yang pasti 2 gelas selai ini ga sampe 3 minggu udah abis sih…

Lokasi: daerah Kampung Keling

Srikaya Medan

Srikaya Medan

Kopi Bubuk Sidikalang

kopinya nikmat sekali!

kopinya nikmat sekali!

Yang ini sih melenceng sedikit karena saya belinya saat di Berastagi (tapi jarak Medan-Berastagi kan deket). Pas pulang udah berapa kali bikin rasanya nggak pernah gagal, baik itu kopi hitam ataupun kopi susu. Slruuup! Bungkusnya kecil dan harganya nggak mahal jadi nggak ngerepotin untuk bawa kopi ini jadi oleh-oleh.

Lokasi: di pasar umum Berastagi

Pancake Duren

Makanan yang satu ini jadi primadona sebagai oleh-oleh wajib dari Medan beberapa tahun belakangan ini. Saya sendiri bukan fans berat pancake durian, selalu ada aja salahnya tiap kali dimakan. Untunglah kali ini nemuin pancake duren yang sesuai dengan selera saya: durennya masih berasa, kulit pancake-nya nggak tebal dan fla/creme di dalamnya nggak kebanyakan. Nama tokonya nggak tau soalnya random belinya 😀

Lokasi: persis di sebelah kanan Risol Gogo

Pancake Durian

Pancake Durian


akanan

Iklan

4 pemikiran pada “Medan… Bawa oleh-oleh apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s