Advance Open Water – Wohooooi

Advance Open Water. Kalimat ini jadi momok buat gue selama ini, ragu-ragu tapi mau gitu untuk naik kelas. Jadi tuh dari sejak selesai Open Water udah langsung ditawarin ambil kelas advance dan dengan sotoynya gue pun daftar. Singkat cerita karena nggak punya temen nyelem (selain para jagoan dari club), les advance-nya nggak dilanjutkan dan sejak 2009 kemudian mulai nyelem lagi karena ketemu dengan temen-temen yang sealiran… Dilemanya pun muncul lagi: naik kelas atau banyakin log-dive. Persoalan kedua sudah tentu masalah keuangan, dengan angka yang beda tipis bisa nyelem berjuta kali (dengan harapan bouyancy jadi ok) atau ya naik tingkat. Akhirnya gue pun memilih untuk nyelem berkali-kali aja tanpa ada tambahan ilmu ataupun nginget-nginget ilmu pas belajar OW. Ah, kacaulah!

Jadi kenapa  dulu gue langsung diracun untuk naik kelas, ya karena sebenernya materi advance open water itu nggak seheboh open water dan kalau kita bandel materi2 di kelas advance bisa aja dipraktekin sama anak open water. Open water itu kan aturannya nggak boleh nyelem lebih dalem dari 18m, nggak boleh nyelem malem, nggak nyelam di bangkai kapal dan nggak menyelam di arus yang nggak lebay… Kenyataannya banyakan yang melanggar peraturan itu :p

Kenapa akhirnya gue memutuskan untuk ikut ujian AOW? nggak lebih nggak bukan karena rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri 🙂 Menyelam lebih dari 18m bahkan sampai ke 27m pernah dilakukan… Bermain dengan arus juga sudah pernah… Bangkai kapal? ya, lebih dari 1x deh dilakukan… Sampai akhirnya kena gong-nya pengen banget nyobain night dive tapi gak boleh 😦 (karena bouyancy gue juga parah banget siii). Orang dive centernya cuma bilang “ntar kalo udah advance balik lagi sini baru night dive”. Selain karena itu ya jadi mikir aja sebenernya kalo terjadi apa-apa kan gue yang salah ya karena melanggar peraturan yang ada. Akhirnya, sejak Oktober 2011 niat deh buat naik level jadi advance open water dan di awal Februari 2013 gue resmi menjadi seorang advance diver! *bangga dan bahagianya lebay*

Hmmm… dive log nggak bisa dibilang sedikit dan ngerasain apa yang harusnya dirasain anak advance juga udah pernah ternyata nggak jadi jaminan pas ujian beres. Huahahaha.. Ancurrrr!!! Nggak usah ada yang bilang ngerasa sendiri gitu kalo pas ujian advance open water kemaren amburadul banget!

  • Kayaknya karena gue tau ini adalah ujian, ada yang meratiin dan nilai tanpa gue sadari ternyata gue tegang akibatnya napas jadi cepet dan nggak konsen tingkat tinggi.
  • Keliatannya badan agak capek akibat sehari sebelumnya berenang dan tidur malem, berasa dari napas yang berat dan cepet ngabisin udara di tangki.
  • Weight belt yang terasa berat banget dan nggak tersusun dengan baik bikin bouyancy selama 5x penyelaman amburadul. Mau ngurangin tapi takut malah berabe, abis pas ujian pertama katanya 6kg udah cucok.
  • Gue juga minjem wetsuit temen yang pas dicoba di darat bagian atasnya emang ngepas gitu dan gue mikirnya “ntar dilaut kan suka lebih longgar ya” ternyata tidak saudara-saudara! yang ada gue selama dibawah susah payah nyari cara biar bisa napas lega.

Tapi sebuah kemajuan selama ujian kmaren pasang + lepas alat sendiri… Awalnya nggak PD trus nyontek2 dan minta cek lama-lama PD dan yakin kalo masang alatnya udah bener. Hihihi…

Oya, ujian advance open water ini gue ikut dengan Dive Indonesia dengan biaya 3jt (buku advance, biaya trip incl alat kecuali wetsuit dan biaya lisence PADI). Murah/nggak? nggak tau juga ya… cuma gue sempet nanya-nanya ke 3-4 tempat lainnya beda harganya tipis dan disini yang gue temukan harganya sudah termasuk peralatan menyelam (berhubung gue ga punya alat apa-apa dan males ribet nyari pinjeman) buat gue sih harganya oke banget 🙂

Di ujian advance open water 5 dives gue lakukan dengan sangat tidak sempurna: Peak Performance Bouyancy bikin pusing krn gue ga tau mesti ngapain ditambah emosi nggak bisa-bisa juga buat ngambang, Wreck diving yang menegangkan soalnya belom tentu ketemu kapal karamnya dan butek sebuteknya air bikin jadi sedikit was-was, night dive yang ribet banget! bawa pointer di tangan kiri dan senter di tangan kanan trus gue mau mask clearing gimana deh caranya? akibatnya tuh masker butek dan liat seadanya cahaya senter aja… Huahaha… Deep diving juga sama aja berantakannya karena terlalu konsen bikin diri nggak mabok jadinya nggak ngatur napas dengan baik, yak, cepet abis deh udara di tangkinya… Yang terakhir itu navigasi… wuah ini juara kelas! gue rasa kalo gue nggak dipegangin sama instrukturnya dan nggak diarahin udah nyasar ituuu… teorinya sih paham betul dan bisa kalo praktek di darat tapi bgitu masuk air, blah!

Ah yang penting ujian kelar, lulus dan tinggal nunggu lisence aslinya jadi trus sering-sering nyelem deh biar nemu bouyancy 😉 wohoooi!

Happy Diving!

-Vindhya B. Sabnani-

Satu pemikiran pada “Advance Open Water – Wohooooi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s