Explore Indonesia With Vindhya Sabnani: 8 Kegiatan Seru di Derawan*

Sangalaki, salah satu pulau utama Derawan
Dalam rangka Valadoo Trip Explore Indonesia, tanggal 21-24 Maret yang lalu, Vindhya Sabnani – Travel Consultant  Valadoo – melakukan eksplorasi ke Kepulauan Derawan bersama 4 orang traveler lainnya. Selama 4 hari 3 malam, kelompok kecil ini menikmati wisata bahari di daerah konservasi laut seluas 1,27 juta hektar yang meliputi Derawan, Sangalaki, Maratua, dan Kakaban. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan mereka selama menikmati tropical paradise ala Derawan:

1.       Rebahan di pantai pasir putih

Kata siapa tidur-tiduran di pantai itu membosankan? Di Derawan, sekedar merebahkan badan di pasir pantai yang halus dapat menjadi sebuah heavenly experience yang lain daripada yang lain. Sinar matahari hangat ditambah pemandangan pohon palem hijau pastinya sangat memanjakan mata. Pulang dari trip Derawan kemarin, kulit Vindhya dan teman-teman jadi lebih eksotis lho!

2.       Diving dan snorkeling

Derawan’s Underwater Charm

Derawan’s Underwater Charm

Sebagai salah satu tempat wisata menyelam terbaik di dunia, sea garden Derawan sudah pasti masuk itinerary Travel Consultant (TC) Trip bareng Vindhya. Dengan 460 jenis karang, wilayah yang termasuk dalam coral reef triangle ini memiliki julukan the 2nd Raja Ampat. Mau diving atau snorkeling, pastinya puas dengan pemandangan bawah laut yang dipersembahkan oleh berbagai jenis karang dan hewan laut. Mulai dari kuda laut pygmy, lumba-lumba, duyung, barakuda, hingga pari manta raksasa, semuanya ada di Derawan!

3.       Berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban

Pulau Kakaban adalah pulau atol yang memiliki danau payau. Ada yang bilang, Kakaban berarti “memeluk” dalam bahasa setempat. Disebut demikian karena pulau ini “memeluk” air laut dan membentuk danau. Dahulu, karang di Kakaban naik melebihi permukaan laut hingga mencapai 50 meter dan membuat sejumlah air laut terperangkap. Air payau di danau ini terbentuk karena air asin yang terperangkap telah bercampur dengan air hujan selama ribuan tahun. Danau purba ini penuh dengan stingless jellyfish yang menggemaskan dan tidak berbahaya. Serasa berenang di lautan nata de coco!

Bermain dengan ubur-ubur yang menggemaskan

Bermain dengan ubur-ubur yang menggemaskan

4.       Menikmati pemandangan dari kapal

Selama island hopping di Derawan, para peserta TC Trip juga disuguhi pemandangan menakjubkan dari atas kapal. Air laut bening berwarna biru kehijauan memudahkan Vindhya dan kawan-kawan untuk melihat penyu serta ikan-ikan yang berenang dengan ceria. Sesekali, mereka juga disapa lumba-lumba lucu yang berenang di sisi kapal lho!

5.       Ngobrol sama penduduk sekitar

Sebagai salah satu lokasi pariwisata yang sedang melejit namanya, penduduk yang ramah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung ke Derawan. Berkat diselenggarakannya PON XVII Kaltim 2008, kini rumah-rumah penduduk telah ditata ulang hingga banyak penduduk yang dapat menjadikan rumahnya sebagai homestay. Tourist-friendly location ini tentunya membuat TC Trip Derawan semakin menyenangkan.

6.       Star-gazing di dermaga

Setelah menikmati sunset sambil minum teh atau kopi, jangan tidur dulu! Travel Consultant kita bilang, melihat bintang dari dermaga juga seru lho!

7.       Berenang bareng penyu

Kejar-kejaran seru bersama penyu

Kejar-kejaran seru bersama penyu

Derawan adalah rumah untuk sekawanan penyu. Mulai dari penyu sisik, hingga penyu hijau yang terancam punah. Dari dermaga, kamu sudah bisa melihat penyu yang sedang hilir mudik. Kebayang kan serunya berenang balapan sama penyu? :D

8.       Makan donat gemblong

Si Manis Donat Gemblong

Nom-nom! Ini dia cemilan paling enak sejagat Derawan. Gurihnya donat dibalut dengan manisnya gula merah pasti bikin ngiler dan mau nambah!

Bagi seorang Vindhya Sabnani, Derawan selalu mengundang untuk dikunjungi kembali. Travel consultant Valadoo yang satu ini mengunjungi Derawan pertama kali pada bulan Desember 2009. Perjalanan menuju ke tempat ini memang  tergolong tidak mudah, namun semuanya akan terbayar dengan alam yang indah, laut yang cantik, dan penduduk yang ramah. Rasika Sridar adalah salah satu peserta trip ke Derawan yang berasal dari India. Berikut ini adalah komentarnya tentang keseruan trip bersama Vindhya Sabnani:

“Derawan Islands is a paradise on Earth and I am amazed at how beautiful this place is. Vindhya has been a PERFECT trip host by giving us non-locals access to such a gorgeous Indonesian destination. I would not have been able to get to Derawan without the support of her. It was an extremely well organised trip and all I had to do was pack my bags and enjoy my holiday. Everything else was taken care of very well by her. She was always eager to help and make sure my stay was as comfortable as it could be. I look forward to doing more trips with her and seeing more local offbeat places that are not in the realm of tourists (especially international tourists).”

Berfoto sejenak sambil menikmati indahnya Derawan

Berfoto sejenak sambil menikmati indahnya Derawan

Seru kan? Jangan lewatkan trip bersama Travel Consultant Valadoo berikutnya! Liburan kamu dijamin akan maksimal karena semua telah dipersiapkan sematang mungkin oleh ahlinya.

*as written by Indah at Valadoo.com

Iklan

Satu pemikiran pada “Explore Indonesia With Vindhya Sabnani: 8 Kegiatan Seru di Derawan*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s