Story: Komodo Toyota Astra

Waktu pertama kali dapet PR ini agak bingung dan resah gitu, kebiasaan pergi santai eh sekarang mendadak diminta buat itinerary ke Pulau Komodo untuk 3 hari 2 malam dan sudah termasuk perjalanan dari Jakarta! Susun jadwal, meeting, rombak jadwal, susun ulang itinerary, meeting lagi dan akhirnya jadi deh πŸ™‚ Bgini rencananya:

Day 1: Perjalanan Jakarta-Denpasar-Labuan Bajo, makan siang dan nonton pertunjukkan tari caci
Day 2: berlayar ke TN. Komodo, pink beach, sebayur island dan bbq dinner di Waicecu
Day 3: free time dan kembali ke Jakarta

PR ini diberikan oleh PT. Toyota Astra Motor dan karena pesertanya berjumlah 20 tukik, nggak sanggup nih kalau sendirian, jadi ibupenyu minta bantuan ke @menujutimur untuk membantu kelancaran perjalanan ini.

sesaat sebelum mendarat

sesaat sebelum mendarat

Jumat, 24 Mei 2013

Hari pertama dipenuhi cukup banyak drama, dimulai dengan keterlambatan Garuda Indonesia (yang membawa 20 tukik) selama hampir 2 jam! Akibatnya ibupenyu dan @menujutimur mesti bujuk rayu petugas Lion Air yang akan membawa kami ke Labuan Bajo. Petugasnya galak dan keliatannya kurang koordinasi gitu 😦 Para tukik tiba 10 menit sebelum jadwal Lion Air take-off!!! Dari 20 tukik itu ada 7 tukik yang kebagian tugas untuk ngurusin bagasi peserta lainnya dan 1 tukik lagi yang ibupenyu titipin boarding pass. Oya, meeting point trip ini adalah di Bali, sehingga ibupenyu & @menujutimur belum kenal muka-muka para peserta makanya kami minta tolong ke 1 tukik dari Toyota buat bagiin boarding pass. Nah, karena bagasinya cukup lama keluarnya dan pihak Lion Air sudah mengulur waktu sekitar 20 menit demi kami mereka pun sudah nggak bisa menunggu lagi dan ditinggallah 8 tukik itu :p

Di pesawat tenang nggak tenang sih karena ibupenyu hanya sempat ngirim pesan untuk segera cari tiket pesawat dengan jam terdekat tanpa sempat baca balasannya. Sejam setelah perjalanan kami pun tiba di Labuan Bajo dengan suasana tegang, tapi begitu baca pesan kalau mereka dapet tiket pesawat dan hanya selisih waktu sekitar 1 jam dari kami maka semuanya langsung lega dan acara pun dilanjutkan…

Labuan Bajo siang itu puanas banget! Untung perjalanan dari bandara ke lokasi tempat makan siang hanya 10 menit saja. Makan siang hari pertama kami lakukan di Mediterraneo Resto dengan menu ala Italiano (pizza, rolade chicken dan pannacota). Setelahnya kami segera check-in dan istirahat sebentar di La Prima Hotel. Sembari para peserta istirahat, ibupenyu menuju ke bandara untuk jemput 8 tukik yang tertinggal :p Lega banget ngeliat muka mereka yang cengengesan dan nggak ada manyunnya sama sekali. Setelah semua tukik berkumpul acara pun dilanjutkan untuk menonton tarian Caci di desa Melo. Dari hotel menuju desa Melo itu memakan waktu selama 35 menit dengan jalanan yang meliuk-liuk. Pemandangan sepanjang jalan berupa sawah-sawah dan pepohonan, beda banget dengan suasana di sekitar pelabuhan di Labuan Bajo. Hehe… Begitu tiba di desa Melo kita bisa lihat laut Labuan Bajo dari atas. Cantik!

penyambutan di desa Melo

penyambutan di desa Melo

tari caci khas Flores

tari caci khas Flores

Di Melo kami disambut oleh kepala adat dengan diiringi oleh musik tradisional. Setelah perwakilan dari PT. Toyota Astra Motor menerima ucapan selamat datang berupa minuman ala Flores, tari Caci pun digelar. Tari Caci Β ini sebenarnya merupakan tarian persahabatan tapi sabet-sabetan gitu. Hi… tegang tapi seru! Sayangnya ditengah tarian hujan pun turus dengan derasnya, akhirnya nggak jadi deh dilanjutkan acara tarinya. Kami kemudian masuk ke dalam rumah si Bapak dan mendengar mereka bercerita dan menyanyi. Akhirannya, belanja kain dan minum kopi Bajawa! Ciamiiikk….

Acara mulai agak telat dan hujan pun turun sehingga acara liat sunset hari itu kami batalkan. Selesai dari desa Melo kami menuju ke exotic Komodo untuk belanja oleh-oleh dilanjutkan dengan makan malam di Paradise Bar. Bok, itu ikan yang disajikan untuk 20 tukik memang hanya 2 biji, tapi ukurannya jumbo bangetttt…. sampe ngeri liatnya! Ikan disini karena matinya cuma 1x jadi rasanya masih manis dan seger banget. nyam nyam nyam…

menuju ke kapal

menuju ke kapal

Sabtu, 25 Mei 2013

Besoknya kegiatan dimulai dari pagi (lagi), karena acara kita hari ini adalah main ke pulau yang jauh dan kita akan berlayar. Pelayaran kali ini kita menggunakan kapal milik PLataran Indonesia dan ini pertama kalinya ibupenyu naik kapal phinisi jadi noraknya ampun-ampunan. Hahaha… Kapalnya guedeeee! Ada 6 kamar tidur yang masing-masing dilengkapi dengan kamar mandi dan air panas, trus deck-nya ada 2 macam: yang pakai atap dan buat jemuran. Meja makannya panjaaang, pas banget buat rapat keluarga! aaaah… norak dan senanglah pokoknya! Di kapal kami mendapat pengarahan dari para awak PLataran Felicia mengenai apa aja yang terdapat di kapal ini dan mengenai acara hari ini.

PLataran Felicia

PLataran Felicia

Tapi rupanya cuaca kurang berpihak pada kami hari itu, bulan Mei yang seharusnya adalah bulan terbaik untuk berkunjung ke Pulau Komodo ternyata di tahun 2013 ini masih kurang ok. Pagi itu arus di laut katanya cukup kuat, sehingga perjalanan yang seharusnya 4 jam menjadi 5.5 jam (itu juga udah dibantu dengan naik speed boat menuju ke TN. Komodo-nya). Trekking di Pulau Komodo jadinya sudah cukup kesiangan, sehingga para tukik malah ketemu dengan Komodo eh pas udah kelar trekking (tapi di dalam seru kan?). Baru tau juga kalau ternyata hindari penggunaan baju berwarna merah saat trekking di Rinca dan TN. Komodo. Selesai trekking kemudian kami lanjut ke pink beach dan disini para tukik akhirnya nyebur ke laut juga. Ada yang nggak bisa berenang jadi mereka memilih untuk main di pantai aja. Sayangnya karena hari sudah makin sore maka arus di sekitar area snorkeling juga semakin kencang dan kalau melihat ke kejauhan langit mulai gelap, jadinya setelah 45 menitan main di air dan main pasir kami harus kembali ke kapal 😦 Acara snorkeling selanjutnya di pulau Sebayur lalu kami putuskan untuk dibatalkan saja karena mengejar bbq dinner di pulau Waicecu.

pink beach!

pink beach!

Di perjalanan pulang setelah para tukik beres mandi hujan pun turun dengan sangat derasnya! Duh, sekenceng-kencengnya sampe meja makan basah semua… Tapi karena hujan deras jadinya para tukik bisa beristirahat di dalam kamar sih πŸ™‚ Begitu hujan selesai keriaan kembali muncul! Tunggu punya tunggu nggak nyampe-nyampe juga di Waicecu dan perut mulai berontak sehingga itinerary kami ubah dengan melakukan makan malam di kapal sehingga setibanya di Waicecu nanti tinggal main-main aja. Rupanya setelah makan malam pun Waicecu masih agak jauh dan hari semakin malam sehingga acara yang PT. Toyota Astra Motor sudah persiapkan mereka putuskan untuk digelar di kapal saja. Acara berupa stand-up comedy dan pemuteran video dari beberapa anak baru sukses bikin ketawa-ketawa para peserta lainnya. Setelah beberapa pesan-pesan disampaikan baik dari pihak PT. Toyota Astra Motor dan pihak penyelenggara eh pas banget kapal merapat di dermaga Labuan Bajo!
Acara hari ini banyak berubahnya, tapi yang pasti selama di dalam kapal kami tetap merasa nyaman dan senang πŸ™‚

makan malam di kapal

makan malam di kapal

Minggu, 26 Mei 2013

Hari terakhir liburan dan acara hari ini adalah acara bebas. Ada yang bangun pagi untuk berenang dan foto=foto, ada yang ke pasar ikan dan kemudian belanja ikan, dan ada juga yang memilih untuk bangun siang. Pukul 10 tepat semua berkumpul di lobi untuk menuju ke bandara dan dadah-dadahan deh dengan para tukik manis ini 😦 Sedih juga pisah sama 20 tukik manis ini yang walaupun perginya singkat banget tapi menyenangkan!
Ini merupakan liburan 3 hari 2 malam yang menyenangkan untuk ibupenyu (dan semoga demikian juga untuk mereka!).

Terima kasih PT. Toyota Astra Motor untuk kepercayaannya dan membuka mata ibupenyu bahwa kita bisa menikmati liburan ke Pulau Komodo dengan waktu yang singkat πŸ™‚ Taun depan kita kemana?

Toyota Corporate - Plataran Phinisi

Toyota Corporate – Plataran Phinisi

Satu pemikiran pada “Story: Komodo Toyota Astra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s