Lima Lokasi Menyelam Patut Diincar*

Yahoo! News

Oleh  | Yahoo! News – Kam, 27 Jun 2013

Libur telah tiba. Sudahkah Anda punya jadwal untuk melakukan perjalanan demi mengendorkan urat-urat saraf yang tegang? Jika belum, bergabung dengan para penyelam untuk menjelajah alam bawah laut adalah pilihan menarik.

Soal menyelam, Anda bisa belajar dari wanita penjelajah alam bawah laut Indonesia, Vindhya B Sabnani, salah seorang pendiri Ibu Penyu Trip Organizer.

Menurut Vindhya, saat ini wisata selam di Indonesia sangat berkembang. Ini bisa dilihat dari jumlah penyelam yang bertambah banyak dan makin maraknya penyedia jasa penyelaman di titik-titik di Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak titik wisata bawah laut menarik. Sebut saja penawaran yang kerap dilakukan biro perjalanan seperti Raja Ampat, Wakatobi, Pulau Puteri (Kepulauan Seribu), Perairan Sanur (Bali Sea Walker), Selat Lembeh Sulut, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, lanjut Vindhya, kita justru kalah di negeri sendiri. “Banyak pusat selam di Indonesia dimiliki orang asing. Banyak pula para penyelam asing yang mau datang jauh-jauh ke tempat terpencil di Indonesia demi menyelam,” katanya. Para penyelam asing itu datang ke titik penyelaman secara rutin setiap tahun.

Menyelam ternyata memberikan sensasi tersendiri bagi pelakunya.

“Saat menyelam, saya merasakan ketenangan yang tidak bisa didapat saat berada di atas. Suasana hening dan hanya tarikan napas yang terdengar,” urai Vindhya kepada Plasadana lewat email.

Vindhya, yang sudah berkeliling ke sejumlah pulau di Indonesia, menyampaikan 5 lokasi selam favoritnya:

Pulau Weh, Banda Aceh
Pulau kecil yang terletak di barat laut Sumatera ini terkenal dengan ekosistem yang sangat kaya. Terumbu karang di sekitar pulau merupakan habitat banyak ikan.
Para wisatawan di Pantai Iboih, Pulau Weh. (Olenka Priyadarsani)
“Nggak menyangka kalau di bagian barat Indonesia ada tempat menyelam yang keren! Di Pulau Weh saya pertama kalinya melihat ikan sebanyak itu di dalam laut,” tutur Vindhya.

Derawan, Kalimantan Timur
Kepulauan Derawan memiliki objek wisata bahari menawan: Taman Bawah Laut. Lokasi ini sangat digemari para wisatawan baik domestik, mancanegara, hingga penyelam kelas dunia.
Kepulauan Derawan memiliki objek wisata bahari menawan. (TribunNews)
“Perjalanan panjang menuju destinasi ini sangat seru selain dunia bawah laut Pulau Derawan (dan sekitarnya) sungguh cantik. Karang lembut, karang keras, ikan-ikan dan aneka makhluk laut, beragam jenis arus,” kata Vindhya.

Komodo, NTT
Seperti chef Farah Quinn, Vindhya juga merekomendasikan Pulau Komodo.
Pulau Komodo direkomendasikan untuk Anda yang suka menyelam. (TEMPO.CO)
“Saya baru satu kali menyelam di sini. Terumbu karangnya berwarna-warni dan untuk pertama kalinya saya berjumpa dengan mahluk paling anggun yaitu manta ray.” urai Vindhya.

Takabonerate, Sulsel
Sebagai salah satu atol ke-3 terbesar di dunia, salah satu spot menyelamnya yang bernama Ibel Orange sangat berkesan. Konturnya berupa gunung pasir, sehingga penyelam harus naik-turun di dalam laut.

“Pemandangan bawah lautnya sungguh memukau dengan padatnya karang keras dan banyaknya ikan yang berenang-renang,” tambahnya.

Tulamben, Bali
Tulamben yang terletak di Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali, menyimpan wisata bawah laut memesona. Air jernih dan kesempatan untuk menjelajahi bangkai kapal dapat ditemukan di sini.
Tulamben menyimpan wisata bawah laut memesona. (Antara Videos)
Tidak hanya itu, lanjutnya, tingkat kesulitan tersedia untuk semua level penyelam. Cara mencapai lokasi juga tidak sulit. (Foto: Marmi Panti Hidayah)

*as published in Yahoo! News travel (http://id.berita.yahoo.com/lima-lokasi-menyelam-patut-diincar-233037104.html)

Iklan

Satu pemikiran pada “Lima Lokasi Menyelam Patut Diincar*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s