Makan di Medan, yuk!

Jadi kemarin gue ke Medan dalam rangka pernikahan saudara dan disela-sela kegiatan tersebut gue makan-makan pastinya, nah, berikut ini list tempat makan yang gue coba yaaa..

RM. Padang Sidempuan
Berangkat pagi buta kemudian nggak makan apa-apa akibatnya gue superkelaperan siangnya. Mampir ke RM. Padang Sidempuan merupakan keputusan yang tepat. Cara penyajiannya kaya makanan padang tapi masakannya ala Tapanuli Selatan, jangan tanya bedanya apa karena gue juga nggak paham. Basicly semua enak disini mulai dari sambelnya, sayur-sayurnya dan daging-dagingannya. Tapi gue rekomen elo untuk makan teri kacangnya dicampur dengan daun singkong (ubi) tumbuk… dan selamat makan berpiring-piring! oya, es jeruknya juga enak!

Padang Sidempuan

Es Krim Apo
Abis makan kenyang emang paling enak dihajar sama eskrim… dan melangkahlah kami ke area Kesawan. Es Krim Apo ini letaknya di dalam gang disamping Rest. Tip Top dan disebelah toko sepatu bata maka si es krim apo ini juga dikeJayoleh sebagian orang sebagai eskrim bata. stand-nya kecil dan hanya tenda terpal dengan beberapa bangku. Tapi rasanya nggak murahan! Gue rekomen buat coba yang rasa jeruk ya. eskrim apo sebenernya dikenal dengan eskrim sodanya tapi saat itu gue cobanya eskrim roti meski kalau elo mau eskrim doang juga bisa kok.

eskrim apo

Warung Ijo
Pulang dari acara keluarga gue kepengen es teh tarik, dan menurut sepupu gue yang tinggal di Medan ya di Warung Ijo inilah yang paling enak. Harganya 16.500
Lokasi: Jl. Dr. Mansyur

RM. Gumarang Jaya
Makan siang hari kedua gw lakukan diluar karena nemenin kakak gw yang belom makan 😀 disini menu yang paling dijagoin adalah ayam goreng! banyak yang ketawa sih katanya kok jauh-jauh dari Jakarta makannya ayam goreng. uhm.. tapi campuran kuah sayurnya dengan bumbu rendang sukses bikin gue menghabiskan 3 potong ayam (padahal gue udah makan siang!).

Gumarang Jaya

Duren Ucok
Si Ucok sekarang tempatnya baru (katanya), ini sih kunjungan pertama gue kesini. Gila, bukanya 24 jam. Hahaha… Lo bisa makan duren kapanpun lo kepengen. Harganya beragam, mulai dari 30.000/buah hingga yang lebih mahal lagi. Mau dibawa pulang juga bisa, mereka nyediain boks berbagai ukuran.

Durian Ucok

Jl. Pagarruyung
Ini semacam food court dengan jualan yang nyaris sejenis: mie rebus, mie goreng, martabak, dan roti cane 😀 Mie rebus yang terkenal letaknya diujung jalan pas permulaan masuk area ini, mie rebus madras judul gerobaknya. Malam setelah acara hepi-hepi setelah akad nikah gue mampir kesini untuk jajan roti cane & martabak, sementara yang mie rebus gw coba 2 hari kemudian. Roti cane & martabak gue beli dari gerobak yang berbeda dengan mie rebus. Sayangnya rasa semua makanan yang gw pesan gak cocok sama lidah gue. Mie rebus & martabak rasanya kurang banget, kalau roti canenya biasa aja, kurang mekar.

Cane_Pagarruyung

Mie rebus_pagarruyungLontong Sayur
Gue nginep di Raz Hotel (Jl. Dr. Mansyur), dan menurut keluarga gue lontong sayur di seberang hotel ini enak banget! Karena penasaran maka pagi hari ketiga di Medan sarapan gw adalah lontong sayur khas medan. Tempat jualannya kecil banget, cuma etalase dan bangku-bangku plastik, tapi yang dateng rame sekali dan cepet habis (jangan dateng diatas pukul 8 pagi ya!). Kalo buat gue, kuahnya sih enak-enak aja tapi rasa keripik kentangnya yang terlalu manis sangat mengganggu lidah. Andaikata keripiknya pedas & gw tambahin perkedel kentang pasti luar biasa ini.

Lonsay Raz

Rujak Kolam Takana Juo
Gue udah penasaran sama rujak ini sejak 2 tahun lalu, katanya enak banget! Jadi abis sarapan langsung melesat ke Istana Maimoon buat foto-foto trus nyebrang ke Mesjid Raya Medan. Lokasi rujak kolam ini diseberangnya mesjid raya, pas disamping taman (lupa apa nama tamannya). Disamping taman ini berjejer pedagang rujak kolam, nah si Takana Juo letaknya paling ujung, paling besar & paling ramai. Kenapa namanya rujak kolam? antara di taman itu ada kolamnya atau ya karena kuahnya banyak jadi kaya kolam. hahaha…

Takana Juo

Gue makan rujak ini sambil duduk di taman, dan tamannya ada ‘penguasanya’, jadi harga rujak yang aslinya 13.000/piring berubah menjadi 15.000/piring dan kita harus beli minumnya ya di dalam taman itu. Awalnya gw nggak tau apa-apa, jadi pas ditawarin minum bilang kita bawa minum terus dia mulai ngocehnya bilang kalau minuman di taman itu mereka yang jual, dan kita sautin ‘ok, kita nggak minum deh, abis makan rujak kita keluar’ tapi dia tetep nggak terima trus ngocehlah bilang kalau taman itu mereka yang urus jadi mereka nggak minta uang sewa cuma minta beli minum di mereka aja. meh. gue berasa dipalak! Apalagi pas bayar kok beda itungannya, ya ternyata harga rujaknya juga naik. KENAPA NGGAK BILANG DARI AWAL??? Pret!

Bakmi Waringin
Judulnya sih bakmi, tapi gue kesini nyobain es campur medan! Bedanya apa? gulanya pakai gula merah… Isinya juga sedikit beda karena ada kacangnya (ga tau kacang apa) dan pakai tape. Gue sih bukan pecinta tapai, jadi agak terganggu sedikit. Rasanya enak, tapi gak terlalu spesial buat gue.

Bakmi Waringin

Nasi Kapau Uni Emi
Berdasarkan info teman akan ayam gorengnya yang enak banget maka siang ini kami sekeluarga meluncur ke resto padang ini. Buat gue ayam gorengnya enak meski lebih enak si Gumarang Jaya. Tapi…. daun singkong tumbuknya juara! Lebih enak dari Padang Sidempuan *glek. Hati-hati kalau kesini pas jam makan siang, ruameeeeeee…

Uni Emi

Charlie Brown Cafe
Pas ngelewatin Hermes Place Plaza, bentuk bus-nya si Charlie Brown bertengger di pojok kiri mall! Akhirnya abis selesai makan siang di RM. Padang Sidempuan di hari ke-4 (iya, balik lagi) kami segera melipir kesini. Duh, ampun deh! Lucu bangetttt!!! Semua interiornya berbau Charlie Brown & the gank. Karena abis makan jadi kami cuma ngopi-ngopi aja disini. Btw, kenapa sampe dibelain kesini? selain kakak gue yang suka banget, cafe ini di Indonesia ya baru ada di Medan ajaaaaa…

Charlie Brown

Durian Pelawi
Nah, setelah Ucok sukses muncul banyak pedagang durian lainnya, salah satunya Pelawi Durian ini. Lokasinya deket sama Mie Titi Bobrok dan berada di pinggir jalan. Katanya sih dulu Durian Ucok juga begini modelnya. Durian Pelawi menyediakan beragam ukuran durian dan yang paling kecil harganya 15.000/buah. Mereka menyediakan kursi dan meja untuk para pelanggannya makan. Gue sih nggak ngerasain hal yang berbeda dengan service dari Durian Ucok, sama aja. Rasa duriannya juga enak-enak aja. Durian Pelawi juga buka 24 jam.

Pelawi Durian

Ice Cream Ria
Pulang dari Danau Toba perut sudah kenyang, tapi butuh yang dingin-dingin buat segerin mulut. Akhirnya kami ke Ice Cream Ria di Jl.Surabaya. Tokonya nggak terlalu besar hanya 1 bangunan ruko saja, tapi yang datang rame… di depan ruko juga ada pedagang sate padang dan martabak (kedua enak!!!). Disini kami pesan 3 macam es krim: avocado ice cream (enaaaak), ice cream soda (enak juga), dan chocolate peanut ice cream (enak tapi ya biasa ajaaa). Total untuk 3 es krim, 1 sate padang & 1 martabak: 71.000

Ice Cream Ria

martabak ice cream ria

Martabak Gapa
Nah, ini… pencarian akan martabak enak di Medan terjawab sudah. Martabak Gapa enak banget! Pas banget rasanya sama lidah gue. wajib coba! Tapi kalau nyokap tetep lebih suka martabak di eskrim Ria, kalau gue lebih suka ini (duh, ngeces sekarang).

Martabak Gapa

Kabari kalau ke Medan dan sempat icip tempat makan diatas. Semoga kita satu selera ya lidahnya 😀

Oya, ini list teman makan yang gue penasaran coba tapi belom sempet:
Lontong Medan Kak Lin
Bakmi Kumango
Macehat
Seafood Wajir
Bihun bebek Asie
Warung Kopi Kurnia

2 pemikiran pada “Makan di Medan, yuk!

  1. tiap kali mudik ke medan, dijamin bdn lgs melar pokoknya :D… dan akupun udh nulisin list2 restoran yg mw kita ganyang nantinya mba :D… bbrp makanan yg ditulis di atas aku udh prnh coba, tp ada jg yg blm… ga sabar balik medan ^o^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s