TravelNBlog5 : Makasar!

travel-and-blog-makassar-45

“Pokoknya mesti makan pallubasa!” – hanya itu yang terlintas di pikiran saat tim TravelNBlog5 memutuskan mengadakan workshop di Makasar.

Setelah Jakarta, Bandung, Semarang, dan kemudian Jakarta lagi, kami bermimpi untuk bisa mengadakan workshop travel blogging ini di luar Jawa, dan senangnya kami berhasil mewujudkannya!

Jatah waktu persiapan tidak lama, karena hanya berjarak 2 bulan dari TravelNBlog 4. tapi untungnya semua beres dan terlaksana dengan baik. sangat baik bahkan.

TravelNBlog5 memang tidak menargetkan banyak peserta, maksimal 20 orang, ini juga karena menyesuaikan dengan kapasitas ruangan yang kami pilih di Dilo Makasar – baru tahu juga kalau ternyata Dilo ada di banyak kota di Indonesia!

travel-and-blog-makassar-41

kata Ipuls (bloher senior makasar yang kami ajak buat mengisi talkshow di hari kedua), pukul 08.30 itu masih “subuh” di Makasar, sementara TravelNBlog selalu memulai kegiatan di pagi hari! sempet was-was sih apakah peserta yang mendaftar akan hadir tepat waktu atau tidak, soalnya kalau mereka molor dan rangkaian acara jadi mundur, ya, berabe juga… agenda di hari pertama adalah heritage tour dan di awal Desember hampir setiap sore turun hujan. Tapi untunglah, selama 2 hari workshop, 14 peserta yang mendaftar hadir on-time. Salute!

Materi workshop tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Ariev tetap berbagi mengenai cara merangkai cerita, Wira tetap ngasih trik mengenai fotografi, Indohoy memberi gagasan mengenai blog yang berkonsep, Firsta membagi ilmunya untuk memanage blog, dan Mozta ngasih ide tampilan blog yang menyenangkan bagi mata pembacanya. Tentunya ditutup dengan talkshow suka duka ngeblog barengan ipuls. Materi dasar ini diharapkan memberi masukan dan semangat temen-temen di Makasar untuk rajin update blognya.

Selain workshop, agenda lainnya selama di Makasar adalah makan-makan! Konro bakar, pallubasa, coto makasar, es pisang ijo, pisang epe dan nasi kuning pelabuhan sukses kami icip selama 3 hari. nyam nyam nyam…

travel-and-blog-makassar-34

TravelNBlog5 bisa jadi edisi terakhir, bisa jadi juga enggak. Kami belum ada rencana pasti di tahun 2016. Jika dilanjutkan apakah akan dengan konsep yang sama atau tidak. entahlah. Bagaimana menurut kalian?

travel-and-blog-makassar-50

last but not least, terima kasih untuk pihak yang membantu workshop travel blogging #TravelNBlog 5:
1. Gagas Media
2. Kementrian Pariwisata
3. Majalah My Trip
4. Smartfren
(diurutkan sesuai abjad)

Terima kasih, Makasar!

 

photo credit goes to: Wira Nurmansyah

3 pemikiran pada “TravelNBlog5 : Makasar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s